Call Us : ( +62 ) 877 1089 4949
Senin - Sabtu : 08.00 - 16.00
Rabu, 02 Maret 2016

TIPS DAN TRIK UNTUK MEMBUKA CAFE KOPI

 TIPS DAN TRIK UNTUK MEMBUKA CAFE KOPI
Cafe Kopi, Bapak Yoga 0877 1089 4949 (XL)
cafe kopi di surabaya, cafe kopi jogja, cafe kopi di semarang, cafe kopi di jogja, cafe kopi di solo, cafe kopi sederhana, cafe kopi luwak, cafe kopi malang, cafe kopi di sidoarjo, cafe kopi malang

Tips dan Trik Untuk Membuka Cafe Kopi

Tips dan Trik untuk membuka cafe kopi, sebelumnya ingin kami jelaskan bahwa kami hanya toko kopi online dan tidak memiliki program franchise ataupun melayani konsultasi mengenai konsep, budget, dll untuk membuka kedai kopi atau kopi tiam.


Bagaimana memulai Bisnis Cafe Kopi?

Pertama kami ingin menjelaskan apa yang dimaksud dengan Cafe Kopi. Cafe Kopi adalah konsep modernisasi dari Warung Kopi yang sudah lama di Indonesia. Warung kopi di indonesia yang sudah ada sekarang biasa menunya masih standart, dengan menu pasaran seperti kopi yang banyak dijumpai di warung-warung. Cafe Kopi Modern bisa diolah dengan lebih serius, tapi tanpa mengesampingkan unsur-unsur tradisionalnya.

Ciri khas utama dari Cafe Kopi adalah Tanpa Mesin Espresso. Jadi yang mau buka Cafe Kopi jenis ini, kesampingkanlah konsep espresso-ism, karena kalau dipaksakan malah yang muncul adalah kesan yang "maksa banget".

 
Menu di Cafe Kopi ini bisa berupa :

1. Kopi Tubruk dari berbagai daerah Indonesia seperti  Wamena, Toraja, Aceh Gayo, dll.

2. Menyeduh kopi dengan berbagai alat kopi seperti Syphon, French Press, Classic Vietnam Coffee Drip, Drip Pot, dll dengan tujuan agar berkesan pada saat penyajian ke pelanggan dan tentu menghasilkan kopi dengan citarasa aroma yang berbeda-beda untuk tiap-tiap alat kopi.

3. Minuman Rasa seperti Green Tea, Caramel, Russian Coffee, dan Irish Coffee
Andai Anda adalah pecinta kopi berat yang sangat fanatik kopi hitam, mungkin Anda kurang menyukai produk ini. Namun perlu Anda ketahui, konsumen Kedai Kopi di Indonesia JAUH LEBIH BANYAK yang menyukai berbagai varian minuman rasa daripada Kopi hitam. Terutama bila memiliki busa yang lembut dan tebal di atasnya, dengan aroma khas yang berbeda-beda.

4. Ice Blended
Ada yang panas, tentu ada yang dingin. Untuk membuat minuman-minuman Ice Blended atau biasa disebut juga dengan Frappucino seperti di S-B*cks, tidak perlu Anda berpikir rumit-rumit dan pakai Mesin Espresso. Kalau Anda perhatikan, rata-rata coffee shop sejenis S-B*cks pun tidak memakai Mesin Espresso untuk varian Ice Blended nya. Mereka memakai yang disebut Ice Blended Powder yang tinggal diblender dan jadi deh segelas Minuman Ice Blended tentu dengan berbagai rasa yang menguggah selera.

5. Syrups
Jika anda ingin menambah rasa pada minuman Kopi atau Ice Blended, caranya dapat dengan menambahkan Syrups. Bahkan dengan Syrups anda dapat membuat jenis menu baru, karena syrups jenis tertentu meruapakan pasangan yang pas untuk dicampur dengan minuman Soda maupun minuman beralkohol.

6. Menyediakan berbagai macam hidangan tradisional yang menarik, seperti :
- Mie Instant yang dikasih tambahan bumbu, menjadi seperti Mie Instant Extra Pedas.
- Roti Srikaya ala Kopi Tiam.
- Nasi Goreng yang khas.
- Pancake.
- Waffel.
- Kue basah yang banyak diminati.
- Roti Bakar.
- Pisang Keju.
- Gorengan, sebisa mungkin dibuat "beda dari yg lain".
 


Bagaimana Memulainya?

1. Buatlah konsepnya secara matang. Jangan pernah “asal jalan” atau “asal jadi”, karena persaingan di jaman sekarang sangatlah ketat, dalam bidang apapun.

2. Sesuaikan Konsep dasar yang dianut dengan Lokasi dan Konsep Desainnya. Jangan sampai tidak nyambung, desain coffee shop ala Sb*cks namun hidangannya Kopi Tubruk, Vietnam Drip, dsb. Juga sebaliknya, desain sederhana dan tradisional, dalemnya Mesin Espresso yang mentereng.

3. Jangan pernah hanya mengandalkan kopi. Ingat, orang Indonesia suka ngemil sambil “kongkow2”, bahkan kata “ngopi” itu sendiri artinya “ngopi sambil ngemil”. Buatlah cemilan yang benar-benar special, jangan asal cemilan.

4. Lakukan Budgeting yang benar, dan sesuaikan dengan segmennya. Jangan berharap dengan budget 10-20 juta bisa mengundang segmen menengah atas. Begitu pula sebaliknya, bila Anda sudah Invest besar, jangan menyasar menengah bawah dengan menekan harga.

5. Sesuaikan Harga dengan Lokasi dan Konsepnya. Jangan ingin jual super murah di mall. Jangan juga jual mahal di pinggir jalan.

6. Perhitungkan Cost dengan benar. Hitunglah mulai dari biaya sewa tempat, peralatan yang dibutuhkan, gaji pegawai, dan pengeluaran operasional lainnya dengan seksama, dan sisakan Modal yang Anda miliki untuk MINIMAL 6 bulan biaya-biaya operasional.

7. Jangan sepelekan LOKASI. Karena LOKASI menentukan PRESTASI.

8. Buatlah tempat Anda senyaman mungkin. Tidak perlu mahal, Cuma mesti nyaman agar orang betah berlama-lama atau kongkow-kongkow di sana.

9. Buatlah Promo yang menarik begitu MULAI BUKA USAHA, karena Promo yang menarik adalah senjata utama untuk DI AWAL. JANGAN PERNAH MEMBUAT PROMO YANG MENARIK SETELAH BEBERAPA LAMA TIDAK LAKU.

 
 

Anda sudah memikirkan Konsepnya, dan sudah benar-benar berniat membuka Usaha, langkah selanjutnya ?

1. Lakukanlah Trial Menu. Beli Kopi dan berbagai perlengkapannya, dan mulailah mencoba-coba berbagai kreasi menu. Sebaiknya Anda sesuaikan lagi dengan lidah Konsumen daerah Anda.

2. Membeli peralatan yang diperlukan seperti Blender, Shaker, Jigger, dll.

3. Mulailah mencari Lokasi Usaha yang strategis, kalau perlu tanya semua orang dan cari semua tempat. Ingat kembali 9 point di atas saat mencari lokasi.

4. Siapkan Budget.

5. Buatlah Design yang COCOK dengan Lokasi, sambil mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan.

6. Siapkan Teknik Marketing yang heboh.

7. Undanglah Relasi Anda saat pembukaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SHARETHIS